Objek Wisata Sungai Serayu Banyumas

Objek Wisata Sungai Serayu Banyumas

Sungai Serayu adalah salah satu Objek Wisata Alam Indonesia yang terdapat di Provinsi Jawa Tengah. Sungai yang berhuilu di dataran tinggi Dieng dan memiliki panjang sekitar 30 km ini melintasi 5 kabupaten, diantaranya Wonosobo, Purbalingga, Banjarnegara, Banyumas, dan Cilacap. Sungai yang bermuara di Samudera Hindia ini mempunyai lebar sekitar 12-25 m.

Objek Wisata Sungai Serayu ini memiliki panorama alam yang indah, tebing-tebing unik yang menjorok ke tengah sungai, serta berbagai jenis bebatuan yang menonjol. Si sekitar Objek Wisata Sungai Serayu ini, Anda dapat melihat hamparan sawah dan kebun penduduk yang menghijau. Anda dapat juga memancing, sebab banyak ikan yang terdapat di Sungai Serayu ini, mulai dari Lele, Nila, Udang, dan sebagainya.

Bagi Anda penggemar Arum jeram, Objek Wisata Sungai Serayu memang tepat di jadikan sebagai uji adrenalin Anda. Mungkin sama menantangnya dengan Objek Wisata Sungai Cisadane ataupun Sungai Ciberang pada post sebelumnya. Banyak para penggemar olahraga arum jeram berkunjung ke sungai ini. Arum jeram di Objek Wisata Sungai Serayu ini memiliki dua trip yang masing-masing berjarak sekitar 12 km dengan waktu tempu kurang lebih 1,5 hingga 5 jam.

Objek Wisata Sungai Serayu juga terkenal dengan tradisi tahunan yang disebut Grebeg Suro. Tradisi yang diselenggarakan di tepi sungai ini biasanya dilengkapi gunungan yang berisi hasil-hasil pertanian, seperti cabe, terung, kacang panjang, buah-buahan diantaranya pisang, salak, apel, dan lain sebagainya. Untuk mendapatakan berbagai macam hasil pertanian, pengunjung dapat ikut berebut setelah acara tradisi ini selesai.

Di SObjek Wisata Sungai Serayu terdapat juga event lain yang tak kalah menariknya, yaitu Festival Serayu, sebuah perayaan hiburan yang terdiri dari berbagai macam perlombaan diantaranya balap perahu dayung, pentas permainan, pertunjukkan layang-layang hias, dan perlombaan-perlombaan lainnya. Lomba balap perahu biasanya menempuh jarak kurang lebih 1 km dengan kafasitas satu perahu terdiri dari 9 orang pendayung sebagai anggota kelompoknya. Untuk memeriahkan festival tersebut, digelar juga berbagai macam pentas seni pertunjukkan seperti pentas wayang kulit semalam suntuk, pentas kuda lumping, karaoke, dan lain-lain. Festival ini diselenggarakan dalam rangka mempromosikan kembali wisata air di Objek Wisata Sungai Serayu Banyumas.

Berbeda dengan Objek Wisata Sungai Musi Palembang yang memang berada di pusat kota, maka Objek Wisata Sungai Serayu Banyumas justru harus masuk desa. Bagi Anda yang ingin menyaksikan tradisi Grebek Suro dan Festival Serayu, dapat berkunjung ke Kecamatan Rawalo, Kabupaten Banyumas. Jika ingin berolahraga arum jeram, dapat menuju Desa Tunggoro Kecamatan Sigaluh, kabupaten Banjarnegara. Untuk menuju Kawasan Arum Jeram, perjalanan dapat di tempuh dari Stasiun Purwokerto. Dari stasiun ini, Anda dapat naik taksi atau menyewa mobil dengan tarif sekitar Rp 200.000,-

Bagi Anda yang ingin menyaksikan Grebeg Suro serta Festival Serayu, perjalanan di mulai dari Terminal Purwokerto, lalu diteruskan dengan naik bus jurusan Purwokerto-Banyumas. Setelah sampai di Terminal Banyumas, kemudian naik angkutan kota yang dapat mengantarkan wisatawan sampai di lokasi pertunjukkan yang ada di Objek Wisata Sungai Serayu.

Tarif untuk arum jeram Objek Wisata Sungai Serayu adalah Rp 150 hingga Rp 200 ribuan untuk wisatawan lokal dan Rp 350 ribu untuk wisatawan mancanegara. Harga tersebut sudah termasuk sewa perahu karet, jaket pelampung, asuransi, jasa pemandu, dan konsumsi. Di area wisata arum jeram yang terdapat di Objek Wisata Sungai Serayu terdapat tempat persewaan perahu karet dan berbagai macam peralatan arum jeram, kamar mandi bilas, dan transportasi menuju lokasi. Terdapat juga beberapa warung makan dan penginapan penduduk di sekitar sungai. Sunset Jankie.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *