Tips Agar Jalan-Jalan Bersama Keluarga Menjadi Berkesan

Tips Agar Jalan-Jalan Bersama Keluarga Menjadi Berkesan

Momen liburan adalah momen yang pas untuk mendekatkan diri bersama keluarga. Jika suasana rumah sudah terkesan monotone, maka memilih untuk jalan-jalan bersama keluarga ke suatu tempat yang mengasikkan, dapat melahirkan suasana baru yang bisa membuat pikiran anda menjadi releks. Untuk memilih tempat tujuan, hendaknya anda mencantumkan kriteria sebuah tempat yang lingkungannya tidak sama dengan tempat tinggal keluarga anda. Misalnya, anda berasal dari perkotaan, maka pilihlah untuk berwisata ke daerah pegunungan yang udaranya lebih segar. Atau anda berasal dari pegunungan, pilihlah wisata ke pantai untuk mendapatkan sinar matahari yang lebih hangat.

Jika keluarga anda sudah dikaruniai anak-anak, maka anda harus menciptakan suasana perjalanan yang lebih ramai dan menarik agar anak-anak anda tidak bosan selama perjalanan menuju ke tempat wisata. Berbagai hal bisa anda usahakan, misalnya dengan menceritakan gambaran mengenai tempat wisata yang hendak anda tuju. Hal ini dapat menimbulkan rasa penasaran di benak mereka. Buatlah beberapa permainan edukatif selama perjalanan, untuk tetap melatih pengetahuan anak meskipun dalam suasanan liburan. Misalnya, dengan memberikan tebakan-tebakan, atau anda menyuruh mereka berimajinasi mengenai tempat wisata tersebut dan menuangkannya ke dalam sebuah gambar atau puisi, dan sebagainya.

Jika anda berwisata menggunakan kendaraan pribadi, pastikan untuk berhenti di posko-posko pemberhentian selama beberapa menit jika anda merasa lelah atau mengantuk, agar perjalanan keluarga anda tetap aman. Sesampainya di tempat wisata, berikan arahan terlebih dulu kepada anak-anak anda terkait etika saat berada di tempat wisata sebelum memperbolehkan mereka bermain. Jangan lupa untuk membawa serta peralatan-peralatan pendukung yang telah anda persiapkan di rumah ke tempat wisata tersebut. Hal ini dapat menciptakan kenangan-kenangan menarik yang semakin banyak saat anda jalan-jalan bersama keluarga. Untuk mendokumentasikan memori-memori indah tersebut, anda perlu membawa kamera atau handy camp. Agar memori itu selalu terkenang, cetak dan letakkan foto-foto indah anda bersama keluarga ke dalam album foto, atau bisa juga digunakan sebagai pajangan dinding.

Agar anggota keluarga anda yang lain tidak bosan di tempat wisata, anda perlu mempersiapkan jadwal kegiatan kecil-kecilan. Misalnya dengan mengadakan pertandingan voli pantai, sepak bola air, tangkap bola, dan pertandingan seru-seruan lainnya. Sebagai penunjang, tentunya anda harus membawa peralatan olahraga tersebut. Jika anda memilih untuk menginap, anda juga perlu merancang kegiatan untuk malam harinya. Tidak perlu kegiatan berat yang melelahkan. Cukup dengan membuat suasana baru saat makan malam, misalnya dengan berbarbeque. Hal ini sangat mudah dilakukan, dan tentunya tidak menyimpang dari maksud inti jalan-jalan bersama keluarga, yakni menjadi lebih akrab. Saat menyantap makanan, usahakan tetap berkomunikasi dengan anak-anak anda. Tanyakan hal-hal kecil yang belum pernah anda bahas selama di rumah, dan berikan perhatian lebih. Percayalah, hal ini akan sangat mengesankan mereka. Sunset Jankie.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *