Inilah Menu Sarapan Pagi untuk Program Diet

Inilah Menu Sarapan Pagi untuk Program Diet

Menu Sarapan Pagi - Diet merupakan suatu gaya hidup masyarakat yang menginginkan badan lebih seimbang seperti agar lebih kurus atau juga lebih berisi. Selain itu diet juga bisa digunakan untuk orang yang sedang mengalami penyakit tertentu dan dilarang... Read More

Apa Saja Panduan Haji dan Umroh? Simak Ulasannya Disini!

Apa Saja Panduan Haji dan Umroh? Simak Ulasannya Disini!

Ibadah haji merupakan rukun Islam yang ke lima. Melaksanakan ibadah haji hukumnya wajib sekali seumur hidup bagi seorang muslim baik laki-laki dan perempuan yang mampu melaksanakan baik secara fisik maupun secara finansial. Karena hukumnya wajib dan... Read More

Langkah-Langkah Mencuci Piring Menggunakan Mesin Cuci Piring Untuk Hasil Maksimal

Langkah-Langkah Mencuci Piring Menggunakan Mesin Cuci Piring Untuk Hasil Maksimal

Mesin pencuci piring adalah salah satu barang elektronik yang tergolong belum cukup banyak digunakan maupun dimiliki oleh masyarakat Indonesia di rumahnya. Meskipun memang sebetulnya mesin cuci piring dapat membantu banyak untuk meringankan kegiatan cuci... Read More

Sanur Bali Restaurants dengan Menu Halal yang Enak

Sanur Bali Restaurants dengan Menu Halal yang Enak

Sanur Bali Restaurants dengan Menu Halal yang Enak Bali adalah salah satu destinasi wisata yang paling diandalkan di Indonesia karena tidak hanya memiliki keindahan tempat wisata namun juga budaya yang masih dipegang erat hingga saat ini. Bali memiliki... Read More

 

Tips Wisata Kuliner Yang Sehat

Tips Wisata Kuliner Yang Sehat

Tips wisata kuliner agar tetap sehat harus diperhatikan bagi Anda pembaca setia yang memiliki hobi wisata kuliner. Secara definisi, yang dimaksud wisata kuliner adalah salah satu bentuk rekreasi atau wisata yang tujuannya adalah untuk makan diberbagai tempat baru atau lama.

Menjaga kesehatan tubuh dengan kuliner yang sehat ketika melakukan liburan bersama keluarga besar atau bersama sahabat agar tetap sehat itu sangatlah penting. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan adalah dengan menjaga makanan yang masuk ke tubuh dengan menu makanan yang sehat. Namun kita perlu memperhatikan juga beberapa tips sehat wisata kuliner saat terpaksa harus makan di luar rumah.

Tujuan dari artikel tips wisata kuliner yang sehat ini adalah untuk mengingatkan pembaca semua. Memang benar, mencicipi cita rasa menu makanan baru untuk memanjakan lidah menjadi kesenangan tersendiri bagi beberapa orang yang memiliki hobi berwisata, traveling ataupun saat tugas keluar kota. Terlepas dari lezatnya menu makanan, Anda harus memahami bahwa tidak semua menu makanan tersebut cocok dengan kondisi tubuh kita.

Banyaknya tempat wisata kuliner yang enak di berbagai tempat seringkali membuat kita tidak bisa menahan keinginan berwisata kuliner ke tempat tersebut. Namun, sadarkah Anda, jika tidak mengerti tips kulinersehat maka makanan yang diburu bukan tak mungkin justru bisa membuat Anda diburu kolesterol tinggi dan penyakit lainnya ?

Seperti kita ketahui kolesterol berlebihan, terutama yang jahat, akan mengendap di dalam pembuluh darah kita. Endapan ini dapat menyebabkan sumbatan, sehingga membuat pembuluh darah melebar dan pecah. Ya semua boleh disantap, asal kita tahu tips wisata kuliner yang sehat agar badan kita tetap terjaga juga. Agar kegiatan hobi wisata kuliner Anda berjalan nyaman dan baik-baik saja, maka tidak ada salahnya jika Anda memperhatikan tips wisata kuliner agar tetap sehat ala sunset jankie berikut ini :

1. Cari Info Tempat Wisata Kuliner Yang Menarik
 Memang kegiatan wisata kuliner terlihat sederhana dan mudah dilakukan. Namun sebelum Anda meneruskan hobi wiskul tersebut Anda harus memperhatikan tips kuliner sehat yang pertama yaitu mencari informasi wisata kuliner yang sehat dan menarik.

Informasi tempat wisata kuliner dari mulut ke mulut merupakan salah satu referensi wiskul yang baik sebelum mencoba menu makanan baru dan di tempat baru. Di era saat ini, Anda juga sudah dengan mudah untuk mencari info wisata kuliner dengan menggunakan media internet.


2. Perhatikan Kebersihan Makanan dan Tempat Kuliner

Tips wisata kuliner yang sehat selanjutnya adalah memperhatikan kebersihan tempat wiskul dan menu makanannya. Pilihlah tempat makan yang bersih dan higienis, lengkap dengan kamar mandi dan wastafel bagi para pengunjung. Tempat wisata kuliner yang bersih dan lengkap seperti itu sudah pasti bisa menunjukkan bahwa pemilik atau pelayan yang bekerja di tempat tersebut telah terbiasa hidup bersih dan memperhatikan kesehatan.

Sehingga untuk menu makanan pun bisa dipastikan akan terjaga dan cara pengolahan makanan pun dilakukan dengan bersih pula. Dengan seperti itu, kita bisa lebih nyaman saat menikmati kuliner. Kita sendiri juga harus bisa menjaga kebersihan. Salah satunya yaitu dengan cuci tangan sebelum makan di tempat yang telah disediakan.

3. Perhatikan Jam Makan

Untuk alasan kesehatan, tips wisata kuliner yang sehat selanjutnya adalah untuk memperhatikan waktu untuk berwisata kuliner juga hal yang tidak kalah pentingnya. Perhatikan kapan waktu yang tepat untuk makan makanan ringan atau berat. Jangan menyantap makan porsi besar menjelang malam karena proses pencernaan makanan pada malam hari metabolismenya tidak maksimal seperti pada siang hari. Akibat wisata kuliner pada malam hari dengan makan berat akan menumpuk pada lambung karena organ lambung pun beristirahat, dan bisa menyebabkan kita malas untuk bangun keesokan harinya.

4. Perhatikan Jumlah Pengunjung atau Pembeli

Jumlah pengunjung atau pembeli ini bisa dijadikan salah satu tanda bahwa tempat kuliner tersebut masakan nya selalu baru dan cepat habis. Karena rumah makan yang sepi pengunjung terkadang terpaksa menghangatkan sisa makanan dan dijual kembali.

Jika yang dihangatkan berkali ” kali masakan bersantan, maka bisa menumpuk kolesterol dalam tubuh. Belum lagi jika ada makanan berjamur dan bau, lebih baik relakan saja uangnya dan pindah tempat cari menu yang baru. Selain itu, rumah makan yang selalu ramai juga ada kemungkinana antara makanannya enak dan atau harga makannya murah.

5. Pilih Menu Makanan Sehat dan Memberikan Asupan Gizi
Pilih menu makan yang bergizi dan sehat, bukan berarti harus menghindari makanan tertentu. Tapi pilihlah menu yang lengkap yang dapat memberikan asupan gizi seimbang terhadap tubuh kita. Lengkap maksudnya adalah terdiri dari karbohidrat, protein, vitamin, lemak dan mineral yang seimbang. Perhatikan juga apakah kita memiliki alergi terhadap jenis makanan tertentu. Jangan karena fotonya yang menarik, kita langsung pesan dan makan tanpa memikirkan efek buruknya terhadap kesehatan.

Sebisa mungkin carilah menu dengan sajian yang  masih panas atau baru di masak, misalnya nasi goreng, soto panas, sate bakar, bubur panas, ikan bakar dan ikan goreng, cah sayuran segar yang baru ditumis. Penyajian dalam kondisi panas minimal akan mengurangi resiko ada kuman ” kuman. Hindari makanan yang terlihat sudah dihangatkan berkali ” kali.

6. Pilih Jenis Bumbu dan Rasa Makanan Yang Sehat

 Jika Anda memiliki riwayat penyakit tertentu, tips wisata kuliner yang sehat satu ini harus Anda perhatikan. Contoh saja ketika Anda pernah sakit maag, hindari masakan pedas dan asam. Jika Anda pernah sakit diabetes, hindari atau kurangi sajian kuliner yang terlalu manis. Dan tips kuliner sehat untuk yang punya atau pernah sakit hipertensi, kurangi atau hindari wisata kuliner dengan rasa yang asin.

Ketika melakukan wisata kulinerpun, Anda harus mengenal terlebih dahulu jenis khas bumbu yang digunakan untuk diperhatikan demi kesehatan. Karena setiap daerah ada kekhasan bumbu yang dominan, misalnya masakan Jawa tengah cenderung manis, masakan Padang cenderung pedas asin, masakan Maluku dan Indonesia timur cenderung beraroma rempah.

Sedikit tambahan Sunset Jankie tips wisata kuliner agar tetap sehat, makanan yang dikukus atau direbus akan lebih sehat daripada gorengan. Memilih makanan cepat saji memang lebih praktis ketika sedang liburan, tapi itu belum tentu sehat. Karena makanan cepat saji kaya akan lemak dan kalori yang tentu tak baik untuk kesehatan Anda.

 

partner iklan

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>