Taman Nasional Baluran Benua Ibu Di Tanah Jawa

Taman Nasional Baluran Benua Ibu Di Tanah Jawa

Pernah mendengar kata Benua Ibu? Yap, itu adalah julukan untuk Benua Afrika, daratan yang terkenal memiliki pada savana luas dengan sebaran beragam jenis hewan liar. Lalu, pernahkah Anda ke sana? Tidak perlu jauh-jauh kalau mau merasakan sensasi ala Benua Ibu, cukup menuju ke Timur Pulau Jawa.

Objek wisata bernama Taman Nasional Baluran ini berada di Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur. Padang Savana yang luas, langit dan gunung yang jadi alas dan payung, serta ribuan hewan yang tinggal di dalamnya menambah daya pikat Baluran di batin para pengunjung. Padang Savana Baluran ini memang tampak serupa seperti Afrika. Bedanya,  iklim tropis Indonesia tak setandus Savana di benua hitam Afrika.

Taman Nasional Baluran merupakan salah satu destinasi yang harus dikunjungi oleh para pecinta alam. Keindahan yang ada di dalamnya tak bisa disandingkan dengan objek wisata lain di Indonesia. Di sini, burung-burung bebas beterbangan, rusa-rusa berlarian ke kubangan, lutung bergelantung di dahan menjadikan Baluran sebagai wisata asri di Timur Jawa. Harga tiket masuk ke taman nasional ini pun termasuk dalam kategori ekonomis.

Biaya yang perlu dikeluarkan untuk masuk ke TN Baluran 6.000 per mobil dan 2.500 per orang. Dengan biaya yang terbilang ekonomis, kita bisa menjelajah Savana Jawa Timur dengan berbagai aksi yang bisa dilakukan. Kegiatan yang bisa dilakukan di Baluran sungguh beragam mulai dari penelitian, mengamati satwa beratraksi secara alami, dan beach exploring di sekitaran Pantai Bama.

Tak hanya itu, Savana Jawa Timur ini juga memungkinkan kita untuk melihat aktivitas satwa dari jarak dekat. Saat jam 4-5 pagi, sekumpulan hewan seperti kerbau dan banteng melintasi padang rumput yang indah. Hal ini menjadi pengalaman yang luar biasa dan tak perlu jauh merogoh kocek tinggi. Alam Baluran memang menyuguhkan hal yang istimewa. Sesekali, menikmati dunia tak harus pergi ke luar negeri.

Setelah larut dalam takjub kala jejeran hewan besar melintasi padang Baluran, kita bisa menikmati pantai dan kembali hanyut dalam sepoi anginnya. Pantai Bama dengan pasir putih dan terumbu karang yang indah, setidaknya membuat kita lupa akan hiruk pikuk perkotaan. TN Baluran juga tak sekedar Savana, tapi jadi tempat yang menyenangkan untuk meneduhkan pikiran serta hati yang gamang. Sunset Jankie.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *