Keindahan Tersembunyi Pulau Saronde Gorontalo

Keindahan Tersembunyi Pulau Saronde Gorontalo

Indonesia mempunyai banyak pulau kecil menawan yang belum banyak diketahui tetapi memiliki keindahan yang menakjubkan, salah satunya adalah Pulau Saronde. Pulau ini terletak di kecamatan Kwandang, Gorontalo Utara atau berjarak sekitar 65 km dari kota Gorontalo.

Saronde adalah pulau kecil dengan luas keliling sekitar 1 km. Pantai ini mempunyai pantai pasir putih yang terhampar mengelilinginya dengan batu karang yang menyempurnakan pemandangan pulau ini.

Jika berjalan dari selatan ke utara, Anda akan melihat pemandangan yang berbeda. Di sana Anda akan dimanjakan oleh hamparan pasir yang lembut, batu karang, dan juga air laut yang jernih.

Pulau ini adalah permata wisata yang dimiliki Propinsi Gorontalo. Keistimewaan pulau ini adalah adanya taman laut yang begitu indah. Di sana terdapat berbagai terumbu karang sampai kedalaman 1,5 meter. Dengan kedalaman tersebut, pulau ini sangat cocok untuk kegiatan snorkeling dan berenang.

Saat berkeliling, Anda dapat melihat gugusan pulau lain yang ada di sekitarnya. Salah satu pulau yang banyak dikunjungi adalah Pulau Lampu. Pulau ini hanya berjarak sekitar 45 menit dari Saronde dan menawarkan pemandangan alam yang elok.

Pulau Saronde termasuk gugusan Pulau Ponelo di Desa Ponelo, Kwandang yang tidak jauh dari pelabuhan Kwandang. Di tahun 1990, pada masa pemerintahan Bupati Marther Liputo, Saronde mengalami kejayaannya dengan banyak cottage. Sayangnya, potensi keindahan ini sempat tak terurus.

Saat ini, Dinas Pariwisata Gorontalo Utara mulai membenahi diri di berbagai bidang mulai dari fasilitas pendukung akomodasi wisata hingga moda angkutan untuk memudahkan wisatawan mengakses pulau indah ini.

Berbelanja

Di Saronde, Anda bisa membeli souvenir yang terbuat dari keong laut. Keong tersebut sudah dipoles oleh penduduk setempat menjadi hiasan dinding dengan berbagai model dan ukuran. Harga souvenir ini cukup bervariasi yaitu mulai dari Rp 50 ribu sampai ratusan ribu rupiah.

Transportasi

Pulau ini terletak di Kwandang, Gorontalo Utara. Tempat ini dapat ditempuh dengan waktu perjalanan sekitar 1 jam dari pusat kota Gorontalo. Untuk menempuh perjalanan dari kota Gorontalo sampai ke Dermaga Kwandang, Anda sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi.

Jika Anda ingin menggunakan angkutan umum, Anda bisa naik angkutan dengan rute Gorontalo – Kwandang. Tarif angkutan ini sekitar Rp 15 ribu per orang. Waktu tempuh dari dermaga ke Saronde sekitar 60 menit dengan menggunakan angkutan penduduk setempat yang disebut dengan katinting,

Di Dermaga Kwandang, Anda bisa menggunakan taxi menuju ke tempat wisata Saronde dengan tarif Rp 10 ribu per orang. Saat terbaik untuk berkunjung ke Pulau Saronde adalah pada saat liburan dan acara pagelaran daerah maupun nasional.

Untuk akomodasinya, pulau ini menawarkan beberapa cottage yang dapat Anda sewa. Tarif cottage tersebut sekitar Rp 150 ribu per malam. Atau, Anda juga bisa berkemah menggunakan tenda. Sunset Junkie.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *