Pengaruh Industri Pariwisata Indonesia Terhadap Perkembangan Perekonomian

Pariwisata adalah berbagai macam kegiatan wisata dan didukung dengan fasilitas serta layanan yang disediakan oleh masyarakat, pengusaha, pemerintah dan pemerintah daerah. Sedangkan kepariwisataan adalah keseluruhan kegiatan yang terkait dengan pariwisata yang bersifat multidimensi serta multi disiplin yang muncul sebagai wujud kebutuhan setiap orang dan Negara, serta interaksi antara wisatawan dengan masyarakat setempat, sesama wisatawan, pemerintah, pemerintah daerah dan juga pengusaha. Atas dasar pengertian tersebut sangat jelas terlihat bahwa industri pariwisata Indonesia dapat berkembang dengan baik dan pesat, maka akan dapat meningkatkan pesaudaraan ataupun persahabatan antar warga dan antar daerah serta negara. Selain hal tersebut perkembangan sektor pariwisata juga dapat memberikan dampak baik terhadap perekonomian dari negara itu sendiri, dan berikut merupakan hasil dari pengaruh pariwisata terhadap pertumbuhan ekonomi.

1. Pengeluaran sektor pariwisata akan membuat perekonomian masyarakat lokal menggeliat dan menjadi stimulus berinvestasi, sehingga menyebabkan sektor keuangan tumbuh seiring dengan pertumbuhan sektor ekonomi lainnya. apalagi dengan kedatangan wisatawan yang semakin meningkat, juga akan menyebabkan meningkatkan pendapatan negara dan daerah di sektor pariwisata.

2. Perkembangan sektor pariwisata yang dilakukan oleh setiap negara khususnya Indonesia, dapat berkontribusi terhadap penciptaan peluang kerja, penciptaan usaha-usaha terkait pariwisata seperti usaha akomodasi, restoran, kendaraan dan kerajinan atau souvenir khas tempat destinasi wisata tersebut.

3. Dengan adanya investasi pada sektor pariwisata juga akan berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi serta pembangunan infrastruktur tempat wisata yang lebih baik seperti diantaranya penyediaan air bersih, listrik, telekomunikasi, transportasi umum dan fasilitas pendukung lainnya. semua hal tersebut dapat meningkatkan kualitas hidup baik pada wisatawan maupun masyarakat itu sendiri.

Selain dari ketiga dampak sektor pariwisata terhadap pertumbuhan ekonomi tersebut, juga masih banyak dampak lainnya. yang terpenting adalah bagaimana kita mampu memasarkan serta mempromosikan industri pariwisata Indonesia ke berbagai negara ataupun secara lokal agar dapat menarik minat para investor dalam memberikan sejumlah dananya untuk diinvestasikan pada sektor pariwisata di Indonesia. BKPM sebagai lembaga atau media investasi dalam berbagai sektor juga telah turut membantu menarik minat para investor untuk dapat berinvestasi pada sektor pariwisata yang ada di Indonesia.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *