Apa Saja Panduan Haji dan Umroh? Simak Ulasannya Disini!

Apa Saja Panduan Haji dan Umroh? Simak Ulasannya Disini!

Ibadah haji merupakan rukun Islam yang ke lima. Melaksanakan ibadah haji hukumnya wajib sekali seumur hidup bagi seorang muslim baik laki-laki dan perempuan yang mampu melaksanakan baik secara fisik maupun secara finansial. Karena hukumnya wajib dan sekali seumur hidup dengan biaya yang tidak sedikit, maka jika seorang muslim mampu melaksanakannya, maka laksanakanlah dengan baik dan benar sesuai dengan syarat dan rukun yang telah ditentukan dalam agama Islam. Agar ibadah yang telah dilaksanakan menjadi sempurna. Ibadah haji merupakan ibadah yang wajib dilaksanakan, sedangkan ibadah umroh hukumnya sunnah bagi yang mampu. Untuk melaksanakan ibadah tersebut sebaiknya ketahuilah terlebih dahulu panduan haji dan umroh.

Panduan melaksanakan haji dan umroh akan wajib dilaksanakan apabila seseorang telah memenuhi syarat-syarat tertentu. Apabila syarat ini tidak terpenuhi maka ibadah haji dan umroh seseorang tersebut tidak akan sah. Syaratnya adalah, beragama Islam, berakal sehat dan tidak gila, baligh atau sudah dewasa, merdeka yang artinya bukan budak belian, serta mampu. Setelah mengetahui dan memenuhi syarat syahnya, maka diperbolehkan melaksanakan ibadah haji dan umroh. Ibadah haji dan umroh memiliki perbedaan dalam melaksanakannya. Berikut perbedaannya:

Apa Saja Panduan Haji dan Umroh? Simak Ulasannya Disini!

  1. Ibadah haji, untuk melaksanakan ibadah haji yang pertama kali dilakukan adalah ihram, lalu mabit atau bermalam di mina, wuquf atau berdiam diri di arafah, setelah itu mabit atau bermalam di Muzdalifah, melempar jumrah aqobah atau kubro, mencukur rambut atau melaksanakan tahalul pertama, menyembelih kambing, thawaf ifadhoh, melakukan sa’i tujuh kali dari bukit Shafa ke bukit Marwah, kemudian mabit atau bermalam di mina dan thawaf wada’ yaitu thawaf perpisahan.
  1. Ibadah umroh, melaksanakan ibadah umroh yang pertama kali dilakukan adalah ihram yaitu diawali dengan niat ihram dengan telah memakai baju ihram. Setelah sampai di Makkah melakukan thawaf yaitu mengelilingi ka’bah sebanyak tujuh kali. Lalu shalat dua rakaat di Hijir Ismail. Setelah melakukan shalat dua rakaat maka lakukan sa’i yaitu berjalan dari bukit Shafa ke bukit Marwah sebanyak tujuh kali. Kemudian tahalul yaitu dengan mencukur bagian rambut.

Panduan haji dan umroh bisa Anda dapatkan apabila Anda bergabung dengan Abutours. Abutours akan memberikan kenyamanan dan memberikan rasa aman bagi Anda selama melaksanakan perjalanan ibadah haji dan umroh.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *