Tips Membuat Kaldu Ayam Non MSG yang Lezat

Tips Membuat Kaldu Ayam Non MSG yang Lezat

Sebagai ibu yang peduli dengan kesehatan dan keamanan asupan makanan yang dikonsumsi oleh anggota keluarga, Anda tentu akan berusaha menghindari penggunaan MSG di dalam masakan yang Anda buat.
Mengapa? Sebab telah banyak penelitian yang memberikan penjelasan dan bukti bahwa konsumsi MSG yang berlebihan dan penggunaannya dalam jangka waktu yang panjang bisa berdampak buruk bagi kesehatan Anda.
Masalah kesehatan yang seringkali timbul akibat konsumsi MSG di luar batas jumlah yang dianjurkan adalah kulit memerah, lidah terasa kebas, leher terasa tegang, kepala terasa pusing. Efek kesehatan lainnya yang beresiko timbul akibat konsumsi MSG dalam jangka waktu lama adalah terpicunya penyakit hipertensi dan diabetes melitus.
Jika Anda termasuk orang yang peduli pada kesehatan diri dan keluarga, maka sudah seharusnya untuk mengubah pola hidup dan pola makan yang diterapkan sehari-hari. Menghindari MSG dalam masakan yang Anda sekeluarga konsumsi sehari-hari merupakan langkah awal menuju pola hidup yang lebih sehat.
Cara untuk menghindari penggunaan MSG pada masakan antara lain adalah dengan menggantinya dengan kaldu bubuk non MSG atau dengan membuat kaldu sendiri di rumah. Salah satu kaldu yang cukup mudah dibuat adalah kaldu ayam. Anda bisa memanfaatkan tulang dan ceker ayam yang tidak terpakai untuk dijadikan kaldu dengan cara merebusnya bersama dengan
sayuran dan bumbu dapur seperti bawang, seledri, dan lain-lain.
Meskipun mudah, namun ternyata membuat kaldu juga perlu trik-trik khusus agar rasa kaldu yang dihasilkan terasa lezat. Trik-trik tersebut antara lain adalah:
1. Gunakan selalu bahan yang segar
Bahan utama pembuatan kaldu ayam adalah ayam potong dan sayuran. Selalu gunakan ayam dan sayuran yang masih segar untuk membuat kaldu ayam. Sebab semakin segar bahan yang digunakan maka rasa kaldu ayamnya pun akan semakin lezat.
2. Hindari penggunaan jeroan
Meskipun terdiri dari bahan utama berupa ayam, namun sebaiknya Anda menghindari penggunaan jeroan ayam pada kaldu ayam buatan Anda. Hal ini karena jeroan ayam dapat menimbulkan rasa pahit pada kaldu buatan Anda. Tentunya rasa pahit itu akan mengganggu kelezatan rasa kaldu ayam Anda.
3. Jangan menggunakan api yang terlalu besar saat merebus kaldu
Saat Anda merebus kaldu, didihkanlah dengan menggunakan api sedang atau api kecil. Hal ini bertujuan agar bahan berupa ayam, sayuran dan bawang yang Anda gunakan dapat matang dengan menyeluruh.
4. Jangan terlalu lama merebusnya

Saat membuat kaldu ayam, sebaiknya Anda tidak merebus bahan-bahannya terlalu lama. Rebuslah
maksimal selama 15 menit saja.
5. Aduk bahan selama proses merebus
Selama proses merebus kaldu ayam, sebaiknya Anda mengaduknya terus menerus sejak sebelum mendidih. Hal ini bertujuan agar bumbu-bumbu alami yang digunakan untuk membuat kaldu dapat lebih meresap, juga agar kaldu ayam Anda tidak overcook (hangus). Jika ada bagian dari bahan rebusan kaldu Anda yang hangus, maka hal itu tentu akan mengganggu cita rasanya.
6. Tambahkan es batu
Tips terakhir adalah tambahkan es batu pada kaldu buatan Anda. Agar lemaknya terpisah dari kuah kaldu.
Demikianlah beberapa kiat yang dapat Anda praktekkan untuk membuat kaldu ayam yang enak. Baik
kaldu ayam maupun kaldu bubuk non MSG, keduanya adalah alternatif penyedap rasa tanpa MSG
yang dapat diterapkan kepada masakan yang Anda buat.
Diharapkan dengan mengurangi atau bahkan menghilangkan penggunaan MSG dari keseharian Anda dapat membantu menjaga kesehatan Anda dan menghindarkan Anda dari berbagai penyakit yang bisa ditimbulkan akibat konsumsi sodium yang berlebihan.
Mari berpola hidup sehat dimulai dari menjaga makanan yang Anda konsumsi sehari-hari.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *